PENGANTAR BISNIS INFORMATIKA


A.   Bisnis

Kata bisnis berasal dari Bahasa Inggris yaitu busy yang berarti sibuk. Kata “bisnis” memiliki 3 penggunaan, yakni penggunaan singular yang merujuk pada badan usaha yaitu kesatuan yuridis dan ekonomis bertujuan mencari keuntungan. Penggunaan lebih luas merujuk pada sektor pasar tertentu, dan penggunaan paling luas merujuk pada seluruh kegiatan yang dilaksanakan komunitas.
Pengertian bisnis menurut para ahli :

a.      Urwick dan Hunt
Bisnis ialah suatu perusahaan yang memproduksi dan mendistribusi serta menyediakan barang atau jasa yang diperlukan masyarakat atas dasar kesediaannya dalam membeli.

b.     Mc. Naughton
Bisnis ialah pertukaran barang, jasa, atau uang dengan tujuan memperoleh keuntungan

c.      Merrian Webster
Bisnis merupakan segala aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar dengan uang, kegiatan atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan tersebut terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.

d.     Brown dan Patrello
Bisnis merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah produksinya di tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba.

e.      Hooper
Bisnis merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan, industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi, perbankan, distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang mengusahakannya.

Definisi bisnis berdasar ilmu ekonomi ialah suatu organisasi yang menjual jasa atau barang kepada konsumen atau bisnis lain untuk memperoleh laba.




B.   TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi )

Kata teknologi berasal dari Bahasa Yunani technologia atau techne yang berarti “keahlian”.  Teknologi merupakan suatu yang mengacu pada objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia. Pengertian TIK menurut para ahli :
a.      Eric Deeson
TIK ialah kebutuhan manusia didalam mengambil & memindahkan , mengolah & memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
b.     Susanto
TIK ialah sebuah media / alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

1.     Aspek TIK
Dua aspek TIK, yaitu :
a.      Teknologi informasi diantaranya meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan informasi.
b.     2.  Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu atau hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainnya.

2.     Penyampaian Informasi
Ada 3 cara menyampaikan informasi, yaitu :
-         Natural / Manusia
Penyampaian informasi masih menggunakan tangan manusia. Seperti misalnya: Pada zaman dahulu biasanya berupa goresan atau gambar-gambar pada batu atau dinding-dinding goad an Cina, Mesir dan Romawi, memakai alat seperti abacus atau suan pan dan jari tangan serta memakai media seperti lempung dan juga kertas.
-         Mekanis
Penyampaian informasi yang dilakukan memakai peralatan yang berbentuk mekanik serta digerakkan oleh tangan manusia.
-         Elektronis

enyampaian informasi yang dilakukan menggunakan peralatan yang bekerja secara elektronik. Misalnya seperti: Komputer generasi I, II, III, IV, dan sebagainya.



C.   Bisnis Informatika

Bisnis Informatika ialah kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang memiliki nilai dengan tujuan mendapat keuntungan dengan bantuan teknologi informasi. Bisnis informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.

Tidak dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.

Peranan Teknologi Informasi di Bidang Bisnis

Di bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik, maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.

Perkembangna bisnis informatika di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi yang ada di Indonesia. Salah satu jenis bisnis informatika yang sedang berkembang pesat di Indonesia yaitu E-Commerce yang sebanding dengan banyaknya pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna internet di Indonesia yang semakin meningakt merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pesatnya perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor modal dalam melakukan bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang besar contohnya untuk memulai usaha E-commerce karena dengan mampu membuat website yang menarik perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran yang dilakukan pemilik e-commerce maka konsumen dan keuntungan penjualan akan menghampiri bisnis tersebut.  Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam dunia bisnis di dunia dan Indonesia seperti contoh diatas dan factor yang mendukung maka tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan zaman bisa membuat seluruh bidang bisnis di masa depan lebih maju dengan menggunakan segala sesuatu yang berhubungan erat dengan bidang informatika.



Jenis pada Bisnis Informatika

2 macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa.

1.     Produk
-         Hardware, digunakan untuk perorang maupun untuk suatu perusahaan sebagai sarana fasilitas untuk bekerja.
-         Software, digunakan untuk memberikan pelayanan untuk per user dengan berbagai layanan konten yang beraneka ragam

2.     Jasa
-         E-Commerce, digunakan distribusi global utama untuk produk jasa. E-commerce sendiri merupakan pelayanan jasa untuk perusahaan / perorangan sebagai sarana mengiklankan produk / jasa untuk pengguna( customer).
-         Desainer, merupakan bentuk pelayanan untuk men-desain, menggambarkan, melukiskan dengan menggunakan komputer. Dengan perkembangan zaman yang begitu cepat, rasanya sekarang tidak sulit untuk menarik konsumen dengan menggunakan desain sebagai ‘bumbu’ atau ‘jurus’ membuat senang hati konsumen.
-         Konsultan, memberikan jasa kepada konsumen agar dapat mengelesaikan masalah yang diadukan konsumen. Konsultan ini biasanya memiliki masalah yang ada hubungannya dengan informasi.
-         Pengajar, berkaitan dengan belajar. Biasanya sebagai guru / dosen, maupun sebagai tutor / narasumber. Karena dengan adanya pengajar, menjadi lebih mudah untuk mempelajari komputer.


PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BISNIS INFORMATIKA


PT. CYBERSAMA TECHNOLOGY merupakan sebuah perusahaan System
Integrator yang fokus pada penjualan produk dan jasa dibidang Teknologi
Informasi, Teknologi Komunikasi dan Teknologi security (Information,
Communication and security Technologies) atau disingkat dengan ICST.

Pada tahun 1998 berdiri sebuah perusahaan penjualan hardware komputer yang
berlokasi di area pusat bisnis mangga dua dengan nama awal perusahaan yaitu
Cybernote . Seiiring dengan perkembangan variasi produk IT dan pasar yang terus
berkembang maka pada tahun 2002 perusahaan memutuskan untuk melengkapi
badan usaha dengan segala legalitas yang dibutuhkan untuk menunjang
profesionalisme dan aktifitas operasional sehingga terbentuklah sebuah badan
usaha berbadan hukum perusahaan terbuka (PT) yaitu :

Nama Perusahaan : PT Cybersama Technology
Akta notaris pendirian : No. 224
Notaris : Ingrid Lannywaty, SH.
SK Kehakiman No. : C-964.HT.03.02 - Th. 2002
SIUP No. : 0196/1.824.51
NPWP No. : 02.530.240.7-026.000

Alamat perusahaan

Head Office
Cyber 2 Tower Lt 18 Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav.13 Kuningan
Jakarta Indonesia 12950 Po Box 5100 JKTF
GPS : -6.226238, 106.832410

Workshop / Showroom / Service Center Jl. Mangga Dua Raya Grand Boutique
Centre Blok C No.73 Jakarta Indonesia 14430
PO BOX 5100 JKTF | GPS -6.134693,106.829483

Phone : (+62 21) 62 2009 09 Fax : (+62 21) 600 7420


Visi perusahaan


Menjadi perusahaan kelas dunia yang handal mengimplementasikan aplikasi tepat guna dengan kepedulian tinggi pada kualitas layanan dan kepedulian tinggi pada nilai guna product ( maximization utility) kepada para pengguna dengan cara mengintegrasikan sumber daya manusia unggul teknologi unggul, jasa unggul , dan produk ICST (Information, Communication and Security Technology) unggul secara profesional.


Komentar