A.
Bisnis
Kata
bisnis berasal dari Bahasa Inggris yaitu
busy yang berarti sibuk. Kata “bisnis” memiliki 3 penggunaan, yakni
penggunaan singular yang merujuk pada badan usaha yaitu kesatuan yuridis dan
ekonomis bertujuan mencari keuntungan. Penggunaan lebih luas merujuk pada
sektor pasar tertentu, dan penggunaan paling luas merujuk pada seluruh kegiatan
yang dilaksanakan komunitas.
Pengertian
bisnis menurut para ahli :
a. Urwick
dan Hunt
Bisnis
ialah suatu perusahaan yang memproduksi dan mendistribusi serta menyediakan
barang atau jasa yang diperlukan masyarakat atas dasar kesediaannya dalam
membeli.
b. Mc.
Naughton
Bisnis
ialah pertukaran barang, jasa, atau uang dengan tujuan memperoleh keuntungan
c. Merrian
Webster
Bisnis
merupakan segala aktifitas pembuatan dan jual beli barang jasa kemudian ditukar
dengan uang, kegiatan atau keja merupakan suatu pekerjaan dan jumlah kegiatan
tersebut terselesaikan oleh sebuah perusahaan, pabrik ataupun toko.
d. Brown
dan Patrello
Bisnis
merupakan suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang diperlukan
masyarakat. Jika kebutuhan masyarakat meningkat, maka jumlah produksinya di
tingkatkan agar memenuhi segala kebutuhan masyarakat sambil memperoleh laba.
e. Hooper
Bisnis
merupakan keseluruhan yang kompleks pada bidang-bidang industri dan penjualan,
industri dasar, prosesnya, industri manufaktur dan jaringan, insuransi,
perbankan, distribusi, transportasi dan lainnya yang kemudian masuk secara
menyeluruh dalam dunia bisnis. Tujuannya memperoleh keuntungan bagi yang
mengusahakannya.
Definisi
bisnis berdasar ilmu ekonomi ialah suatu organisasi yang menjual jasa atau
barang kepada konsumen atau bisnis lain untuk memperoleh laba.
B.
TIK ( Teknologi Informasi dan Komunikasi )
Kata
teknologi berasal dari Bahasa Yunani technologia
atau techne yang berarti “keahlian”. Teknologi merupakan suatu yang mengacu pada
objek benda yang digunakan untuk kemudahan aktivitas manusia. Pengertian TIK
menurut para ahli :
a. Eric
Deeson
TIK
ialah kebutuhan manusia didalam mengambil & memindahkan , mengolah &
memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan
masyarakat secara keseluruhan.
b. Susanto
TIK
ialah sebuah media / alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu
untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada
orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah
ataupun dua arah.
1. Aspek
TIK
Dua
aspek TIK, yaitu :
a. Teknologi
informasi diantaranya meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan proses,
penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi dan juga pengelolaan informasi.
b. 2. Teknologi
komunikasi adalah segala sesuatu atau hal-hal yang berkaitan dengan penggunaan
alat bantu untuk memproses serta mentransfer data dari perangkat yang satu ke
perangkat yang lainnya.
2. Penyampaian
Informasi
Ada
3 cara menyampaikan informasi, yaitu :
-
Natural / Manusia
Penyampaian
informasi masih menggunakan tangan manusia. Seperti misalnya: Pada zaman dahulu
biasanya berupa goresan atau gambar-gambar pada batu atau dinding-dinding goad
an Cina, Mesir dan Romawi, memakai alat seperti abacus atau suan pan dan jari
tangan serta memakai media seperti lempung dan juga kertas.
-
Mekanis
Penyampaian
informasi yang dilakukan memakai peralatan yang berbentuk mekanik serta
digerakkan oleh tangan manusia.
-
Elektronis
enyampaian
informasi yang dilakukan menggunakan peralatan yang bekerja secara elektronik.
Misalnya seperti: Komputer generasi I, II, III, IV, dan sebagainya.
C.
Bisnis Informatika
Bisnis
Informatika ialah kegiatan yang dilakukan individu atau sekelompok orang yang
memiliki nilai dengan tujuan mendapat keuntungan dengan bantuan teknologi
informasi. Bisnis
informatika berkembang dengan pesat akhir – akhir ini seiring dengan berkembang
pesatnya pula teknologi informasi. Karena Bisnis Informatika muncul karena
adanya peluang yang terdapat di dalam suatu teknologi informasi.
Tidak
dapat di pungkiri sekarang internet sudah mengalami pergeseran kebutuhan di
dalam masyarakat. Yang dahulu Internet merupakan suatu kebutuhan pelengkap atau
masih merupakan kebutuhan yang “mewah” bagi sebagian masyarakat, sekarang
menjadi suatu kebutuhan sekunder ataupun kebutuhan primer. Karena sekarang kita
dapat semakin mudah dan murah untuk mendapatkan akses internet. Hal ini tidak
lepas dari semakin berkembangnya teknologi informasi.
Peranan
Teknologi Informasi di Bidang Bisnis
Di
bidang bisnis baik perdagangan barang maupun jasa komputer peranan teknologi
informasi akan sangat penting untuk kegiatan transaksi baik rutin, periodik,
maupun insidental dan menyediakan banyak informasi dengan cepat dan tepat.
Perkembangna
bisnis informatika di Indonesia sangat erat kaitannya dengan pesatnya teknologi
yang ada di Indonesia. Salah satu jenis bisnis informatika yang sedang
berkembang pesat di Indonesia yaitu E-Commerce yang sebanding dengan banyaknya
pengguna internet di Indonesia. Faktor pengguna internet di Indonesia yang
semakin meningakt merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi pesatnya
perkembangan bisnis informatika di Indonesia. Faktor modal dalam melakukan
bisnis informatika juga tidak membutuhkan modal yang besar contohnya untuk
memulai usaha E-commerce karena dengan mampu membuat website yang menarik
perhatian konsumen, sosialisasi yang bagus, dan juga cara pemasaran yang
dilakukan pemilik e-commerce maka konsumen dan keuntungan penjualan akan
menghampiri bisnis tersebut. Berdasarkan dampak perkembangan TIK dalam
dunia bisnis di dunia dan Indonesia seperti contoh diatas dan factor yang
mendukung maka tidak bisa dipungkiri bahwa dengan adanya perkembangan zaman
bisa membuat seluruh bidang bisnis di masa depan lebih maju dengan menggunakan
segala sesuatu yang berhubungan erat dengan bidang informatika.
Jenis pada Bisnis
Informatika
2
macam bisnis informatika yaitu produk dan jasa.
1. Produk
-
Hardware, digunakan untuk perorang
maupun untuk suatu perusahaan sebagai sarana fasilitas untuk bekerja.
-
Software, digunakan untuk memberikan
pelayanan untuk per user dengan berbagai layanan konten yang beraneka ragam
2. Jasa
-
E-Commerce, digunakan distribusi global
utama untuk produk jasa. E-commerce sendiri merupakan pelayanan jasa untuk
perusahaan / perorangan sebagai sarana mengiklankan produk / jasa untuk
pengguna( customer).
-
Desainer, merupakan bentuk pelayanan
untuk men-desain, menggambarkan, melukiskan dengan menggunakan komputer. Dengan
perkembangan zaman yang begitu cepat, rasanya sekarang tidak sulit untuk
menarik konsumen dengan menggunakan desain sebagai ‘bumbu’ atau ‘jurus’ membuat
senang hati konsumen.
-
Konsultan, memberikan jasa kepada
konsumen agar dapat mengelesaikan masalah yang diadukan konsumen. Konsultan ini
biasanya memiliki masalah yang ada hubungannya dengan informasi.
-
Pengajar, berkaitan dengan belajar.
Biasanya sebagai guru / dosen, maupun sebagai tutor / narasumber. Karena dengan
adanya pengajar, menjadi lebih mudah untuk mempelajari komputer.
PERUSAHAAN YANG BERGERAK DI BISNIS INFORMATIKA
PT. CYBERSAMA TECHNOLOGY merupakan sebuah
perusahaan System
Integrator
yang fokus pada penjualan produk dan jasa dibidang Teknologi
Informasi,
Teknologi Komunikasi dan Teknologi security (Information,
Communication
and security Technologies) atau disingkat dengan ICST.
Pada
tahun 1998 berdiri sebuah perusahaan penjualan hardware komputer yang
berlokasi
di area pusat bisnis mangga dua dengan nama awal perusahaan yaitu
Cybernote
. Seiiring dengan perkembangan variasi produk IT dan pasar yang terus
berkembang
maka pada tahun 2002 perusahaan memutuskan untuk melengkapi
badan
usaha dengan segala legalitas yang dibutuhkan untuk menunjang
profesionalisme
dan aktifitas operasional sehingga terbentuklah sebuah badan
usaha
berbadan hukum perusahaan terbuka (PT) yaitu :
Nama
Perusahaan : PT Cybersama Technology
Akta
notaris pendirian : No. 224
Notaris
: Ingrid Lannywaty, SH.
SK
Kehakiman No. : C-964.HT.03.02 - Th. 2002
SIUP
No. : 0196/1.824.51
NPWP
No. : 02.530.240.7-026.000
Alamat
perusahaan
Head Office
Cyber
2 Tower Lt 18 Jl. H.R. Rasuna Said Blok X-5 Kav.13 Kuningan
Jakarta
Indonesia 12950 Po Box 5100 JKTF
GPS
: -6.226238, 106.832410
Workshop / Showroom /
Service Center Jl. Mangga Dua Raya Grand Boutique
Centre
Blok C No.73 Jakarta Indonesia 14430
PO
BOX 5100 JKTF | GPS -6.134693,106.829483
Phone
: (+62 21) 62 2009 09 Fax : (+62 21) 600 7420
Visi perusahaan
Menjadi perusahaan
kelas dunia yang handal mengimplementasikan aplikasi tepat guna dengan
kepedulian tinggi pada kualitas layanan dan kepedulian tinggi pada nilai guna
product ( maximization utility) kepada para pengguna dengan cara
mengintegrasikan sumber daya manusia unggul teknologi unggul, jasa unggul , dan
produk ICST (Information, Communication and Security Technology) unggul secara
profesional.
sumber :
Komentar
Posting Komentar